Sabtu, 04 November 2017

Sejarah dan prinsip dasar jaringan komputer

Sejarah dan Prinsip Dasar Jaringan Komputer

A.  SEJARAH JARINGAN 

          Jaringan Komputer bermula dari ide untuk menghubungkan beberapa komputer lengkap dengan sistem operasi untuk mempermudah pekerjaan. Proyek ini terjadi pada tahun 1940-an, diberi nama MODUL I, yang dikerjakan di laboratorium Bell milik Group Harvard University. Secara bersamaan, berkembang model super komputer dengan fisik lebih besar, yang memiliki kekuatan, kecepatan, dan keandalan yang lebih baik. Model ini digunakan untuk melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).
          Karena harganya yang mahal, muncullah konsep terdistribusi yang memberikan tugas pada tiap host untuk mengerjakan prosesnya sendiri pada jaringan (komunikasi jarak jauh). Setelah era tahun 1970-an, model transistor berevolusi menjadi lebih ramping dan kecil dengan kemampuan lebih baik, memengaruhi fisik komputer menjadi kecil dan harganya lebih murah. Selain itu, aturan protokol jaringan sudah mulai dibakukan sehingga memungkinkan terjadinya koneksi antar-platform hardware yang berbeda-beda.

B.PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER 
        Komputer yang semula diciptakan sebagai alat bantu hitung, kini berkembang menjadi alat serbaguna, karena mampu mengerjakan pekerjaan manusia, seperti perhitungan matematis, kedokteran, antariksa, nuklir, dan sebagainya. Sebuah komputer yang bekerja sendiri tanpa terhubung dengan komputer lainnya disebut stand alone. Sedangkan komputer yang semula berdiri sendiri atau bekerja sendiri kemudian terhubung melalui media transmisi dengan komputer lainnya untuk berkomunikasi disebut sebagai network(jaringan).
           Jaringan komputer adalah beberapa peranti keras (komputer) independen yang terhubung melalui media transmisi dengan aturan/protokol tertentu sehingga dapat saling berkomunikasi sati sama lainnya sepertichatting, berkirim e-mail, berbagi data dan peranti keras (printer, hardisk, dan processor).Prinsip dasar jaringan adalah proses pengiriman data dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu. Proses ini seperti saat anda mengirim surat dari kota tempat tinggal anda menuju alamat kota lain bahkan negara lain, melalui kantor pos.

Gambar Komputer Stand Alone 

Skema Jaringan Komputer
C.   TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN
 
         Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat tanpa ada kesalahan dari sisi pengirim(transmitter) menuju penerima (receiver)melalui media komunikasi. Membanguna jaringan komputer memang tidak semudah tujuannya karena terkendala beberapa hal, antara lain :
1. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia 
2. Sulitnya memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien 
3. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari noise (gangguan).

D. MANFAAT JARINGAN 
           Teknologi yang menerapkan jaringan komputer guna membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari memiliki sejumlah manfaat besar, antara lain sebagai berikut.
1. Berbagi informasi dan sumber daya.
Dengan jaringan, kita bisa memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada secara bersama-sama, seperti printer, hardisk, scanner.
2. Integrasi data
Menyatukan data yang terpisah oleh jarak dan waktu.
3. Komunikasi 
Dengan jaringan, antar pengguna bisa saling berkirim data, baik suara, video, maupun teks.
4. Distribusi beban kerja 
Pembagian kerja ke beberapa komputer sehingga proses tidak terpusat dan beban kerja jadi lebih ringan. 
5. Keteraturan Aliran Informasi
Data yang telah diolah jadi informasi dapat diakses dengan mudah oleh pengguna sesuai kebutuhan.
6. Keamanan data
Dengan jaringan, kita dapat mengamankan data dengan memberi batasan hak akses pengguna komputer terhadap data yang ada.
7. Hubungan berbagai jenis dan merek komputer
Terjadinya hubungan komunikasi antar komputer yang berbeda-beda merek, jenis, dan standar protokolnya.
Sampai disini atrikel kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar